CSR…

Menurut Moh. Hidayaturrahman, Wartawan media audio-visual & Pemenang III lomba Penulisan Esai bertema CSR yang diselenggarakan majalah SWA dan PT Newmont Pacific Nusantara, CSR dapat berfungsi sebagai investasi sosial.

Tulisan beliau dimuat di majalah SWA No. 11/XXIII/24 Mei – 3 Juni 2007 dan dalam tulisan itu dituliskan dengan menarik bagaimana memandang CSR sebagai suatu investasi bukan sekedar charity semata. Sehingga sebagai suatu investasi, pantaslah bagi perusahaan tersebut untuk mendapatkan imbalan/ benefit dari investasi tersebut. Benefit/ imbalan yang bisa diperoleh secara langsung adalah good corporate imaging, sedangkan secara tidak langsung benefitnya bisa berbentuk dukungan sosial yang menciptakan iklim yang lebih kondusif untuk operasi perusahaan.

Membaca tulisan tersebut, memang wajar bila disadari bahwa hampir tidak ada didunia ini yang gratis selain pemberianNya. CSR pun sebenarnya merupakan aplikasi dari upaya win – win solution dari adanya demand dari masyarakat berupa kekurangan sosial dan kebutuhan corporate untuk (minimal) menjaga image perusahaan sebagai perusahaan besar dan melakukan “soft marketing campaign” kepada masyarakat. Win – win solution, berarti tidak ada yang dirugikan karena semuanya untung alias win jadi sah – sah saja perusahaan melakukan CSR dengan tujuan tersebut… (meskipun ada juga yang bener2 ikhlas lho 😀 )

Perusahaan besar yang terkenal dengan program CSRnya kebanyakan adalah perusahaan rokok. Perusahaan penghasil “asap perusak paru2” ini sudah memiliki program2 yang benar2 dinanti – nantikan oleh masyarakat akrena CR yang mereka lakukan sangat tepat yaitu CSR dibidang Pendidikan dan Ekonomi. Coba deh, tanyakan kepada teman2 yang tinggal di Kediri seberapa besar sumbangsih Gudang Garam dalam roda perekonomian dan sosial budaya masyarakat Kediri dan sekitarnya? Atau berapa banyak pengirim lamaran utnuk mengikuti program beasiswa Sampoerna?

CSR memang adalah investasi, karena dengan CSR ini kedekatan emosional antara corporate dan potensial consumernya terjalin. Meskipun bukan konsumen dari produk mereka, at least dalam mindset mereka tetap dan mungkin selalu tertanam “buah manis” dari hasil CSR corporate tersebut.

Berbicara ttg CSR, disuatu kesempatan program CSR ditemukan dalam bentuk pendidikan anak – anak. Melalui  tagline “Ayo Membaca” dan rumah baca bernama GraWIDYA (bahasa sansekerta berarti Rumah Ilmu Pengetahuan), Telkomsel berusaha mengajak anak – anak untuk kembali gemar membaca. “Syaratnya untuk membuat anak2 kembali mau melihat dan membaca buku adalah dengan supply buku2 yang menarik dan jarang mereka jumpai. Selain itu sangat diupayakan untuk membuat situasi yang yang menyenangkan di GraWIDYA”, jelas Ira -CorComm Telkomsel Area Jawa Bali.

“Ciptakan dulu suasana yang menyenangkan, barulah sedikit demi sedikit kita gemarkan kembali mereka untuk membaca”, tambah Ira.img_1024.jpg

img_1024.jpgimg_1024.jpgSedikit hal yang unik dari “Ayo Membaca” ini adalah dilibatkannya karyawan Telkomsel Area Jawa bali sebagai relawan untuk proses pendampingan. Selain untuk menumbuhkan semangat sosial kepada karyawan Telkomsel, menurut Ira, juga sebagai tambahan aktifitas karyawan Telkomsel yang tidak mudik ke kampung halaman pada minggu itu.

Menarik juga ya, bayangin aja kalau semua korporasi melakukan aktifitas yang dapat menambah value bagi masyarakat…pastinya kualitas hidup bangsa ini bisa jadi akan meningkat. Insya Allah 😀

Oia, kalau ingin lihat lokasi GraWIDYA ini di Surabaya bisa dilihat di taman bungkul saban hari minggu pagi jam 7 – 9 dan di simohilir. Daerah lain juga ada, yaitu di sekitar GraPARI 2 yang ada dilingkungan kerja Telkomsel Area Jawa Bali.

World in my words: 

CSR.. mestinya tidak hanya korporasi, tapi spiritnya juga tertanam dalam diri kita semua. Semangat untuk saling berbagi dengan orang lain. 

Advertisements

2 Responses so far »

  1. 1

    yanti said,

    sebenernya keahlianmu itu apa sech ??

    1. approval ro
    2. taman baca
    3 sampe rukyah…

  2. 2

    yanti said,

    smua..nya diambil semua…
    hebat koen…


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: