3G, welcome to Indonesia…

Telkomsel, XL dan Indosat..3 Operator yang mengikuti tender pengadaan layanan 3G di Indonesia. Telkomsel dan XL sudah berhasil mendapatkan ULO alias Uji Laik Operasional untuk pengadaan layanan 3G. Sertifikat ULO juga menjadi kunci kebebasan bagi 2 operator tersebut untuk “mengeksplore” killer application yang dapat memenangkan hati pengguna (dan calon pengguna layanan 3G). Indosat kemana? nggak tau tuh, kok belum kedengeran ya?…but jangan salah! selain mereka berhak “mengeksplore”, mereka juga wajib untuk mengedukasi masyarakat terhadap teknologi yang baru di Indonesia ini, seperti halnya yang dilakukan Telkomsel dengan mengeluarkan Genie yang dipasang di GraPARI dan geraiHALO sebagai media informasi dan edukasi.

Ups…belum tau 3G?..Maaf…secara garis besar 3G (baca: triji) adalah singkatan dari 3rd Generation atau generasi ketiga artinya teknologi selular generasi ketiga. 3G merupakan nama yang umum digunakan untuk menyebutkan teknologi lanjutan dari sistem mobile communication, dimana kita bisa mendapatkan layanan data berkecepatan tinggi untuk aplikasi multimedia seperti download musik, nonton TV lewat handphone, internet berkecepatan tinggi, video call, streaming video dan sebagainya. Sedangkan GPRS (General Packet Radio Service) yang selama ini dikenal sebagai konektor untuk connect internet via handphone diatas selama ini adalah teknologi 2,5G.

Lho…apa bedanya 2G, 2.5G, 2.75G dan 3G? Perbedaannya pada kecepatan transfer data.

  • 2G adalah teknologi awal GSM – hingga mencapai (up to) 9,6 Kbps
  • 2,5G adalah teknologi GPRS – hingga mencapai (up to) 114 Kbps
  • 2,75G adalah teknologi Enhanced Data rates for GSM Evolution (EDGE) – hingga mencapai (up to) 237 Kbps
  • 3G – hingga mencapai (up to) 384 Kbps

Artinya dengan 3G kita bisa menikmati layanan-layanan yang membutuhkan transfer data tinggi dengan lebih baik (tidak patah-patah), seperti download music, nonton TV lewat handphone, dll.Kemudian, masalah fitur…tadi sempat disebutkan video call, mobile TV dan video streaming. berikut penjelasannya:

  • Video call adalah layanan 3G dimana pelanggan selain mendengar suara juga dapat melihat lawan bicara di layar handphone melalui kamera handphone secara real time 
  • Mobile TV, anda dapat menikmati siaran televisi di layar handphone. Siaran TV tersebut sama dengan siaran yang bisa anda tonton di TV biasa
  • Streaming video, anda bisa memutar video klip musik kesayangan anda langsung di handphone anda tanpa perlu mendownloadnya terlebih dahulu.Asyik khan? hehehe…
  • Sudah siap beralih ke 3G?…gampang kok syaratnya!

Daftar aja untuk layanan tersebut ke operator penyedia…trus yang penting, pastikan HP anda kompatible dengan layanan tersebut. Bila pengin lihat HP apa aja yang bisa 3G sekaligus lihat – lihat HP lain berikut spesifikasinya, kunjungi saja studiohp dan gsmarena.3G, welcome to
Indonesia…
Silahkan…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: